"RAMADHAN KAREEM 1445 H"

 





NAMA: RAVIKA OLIFIYAH 

NIM: 4130023031

PRODI: S1 PGSD 

FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN 

       Menyambut bulan puasa Ramadhan dengan niat yang baik, banyak sekali kegiatan positif, produktif yang bisa dilakukan selama bulan suci Ramadhan. Terutama dalam berpuasa, membaca Al-Qur'an, kemudian dilanjutkan dengan sholat tarawih di Masjid. Sebagai umat muslim wajib bagi kita semua untuk menjalankan sunah dan kewajiban. Dimulai dari Sahur pertama saya bersama keluarga dengan makan dan lauk seadanya, saya menyadari di hari pertama puasa sangat berbeda. Singkat cerita tibalah waktunya untuk sahur, jujur saja mata rasanya masih mengantuk sekali dan biasanya saya tidur sebentar karena masih mengantuk sambil menunggu sholat subuh. Saya tetap menjalani kegiatan seperti biasanya, yaitu pergi kuliah di UNUSA dan bertemu dengan teman-teman. Karena terkadang jam masuk perkuliahan di mulai pagi hari, sehingga saya harus bangun lebih awal untuk menghindari kemacetan dijalan karena jarak tempuh dari rumah ke kampus UNUSA lumayan jauh ditambah lagi dengan cuaca Surabaya yang tidak menentu setiap harinya, kadang panas dan tiba-tiba mendung. Namun tidak mematahkan semangat saya untuk berangkat, ada hari dimana ketika saya berangkat saya merasa sangat haus karena di saat itu matahari sangat terik dan panas.

          Setiap tahun saya selalu antusias menunggu untuk Ngabuburit mencari takjil yang terkadang hanya dijual di bulan puasa Ramadhan saja. Kebetulan saya dan teman-teman saya memiliki beberapa rencana untuk Bukber (Buka Bersama) di salah satu rumah makan yang jaraknya tidak jauh dari Kampus UNUSA. Namun sebelum itu, karena rumah saya cukup jauh aku akhirnya salah satu temanku menyarankan agar istirahat di KOS teman saya terdekat dari kampus. Karena beberapa pertimbangan juga, dan izin dari bapak dan Ibuku juga memperbolehkan akhirnya saya memutuskan untuk menunggu disitu. Ternyata ayah dan ibuku mengijinkanku untuk Bukber bersama teman temanku, dan tidak lupa selama di luar Ibu dan bapak tidak berhenti menanyakan kabarku selama diluar. Jujur saya senang sekali bisa berkumpul dan bercanda tawa dengan teman-teman setelah selesai kuliah. Tanpa sadar kita semua larut dalam obrolan yang seru, sehingga Adzan Isya terdengar, tibalah wawaktunya untuk sholat tarawih, biasanya saya ikut sholat tarawih bersama Ibu saya di mushola dekat rumah. 

    Bagi saya maupun, seluruh umat muslim di dunia  Ramadhan adalah bulan paling spesial di setiap ttahunnya.Karena di bulan inilah banyak berkah dan pahala yang bisa kita dapatkan dan juga suasananya yang selalu berbeda. Menjelang pagi hari terasa lebih ramai karena banyak orang-orang berkeliling untuk membangunkan sahur. Tibalah Sore hari tak kalah ramai juga karena banyak yang berlalu-lalang untuk ngabuburit. Hingga malam haripun masjid-masjid menjadi lebih penuh dan ramai karena adanya shalat tarawih berjamaah di mushola maupun masjid. Tidak terasa kita semua sudah berpuasa setengahnya dari bulan Ramadhan. Saya mengawali hari demi hari seperti biasa yaitu sahur,membaca Al qur’an,mandi,sikat gigi, berngkat kuliah dan tidur. Lalu kegiatan favorit saya adalah ngabuburit. Menunggu waktu berbuka sambil mencari makanan dan minuman untuk berbuka puasa dengan macam-macam rasa yang bisa dipilih. Selamat menjalankan Ibadah puasa. 

https://youtube.com/shorts/2h_DfRnZ6TU?si=jcQcRYRbZeBt5pD7









Komentar

Postingan populer dari blog ini

Resume : Proses Registrasi Administrasi Keuangan dan Pengenalan Sistem Informasi Akademik

Resume : Sosialisasi Learning Management System dan Sistem Informasi Manajemen (SIM) untuk Kesiapan Pendidikan Berbasis Digital di Unusa